Thursday, July 28, 2016

Tagged Under: , , ,

Elang Ikan Kecil/Lesser Fish Eagle (Ichthyophaga humilis)

  • Share The Gag
  • Burung  Elang Ikan Kecil masih satu kerabat dengan Elang Ikan Kepala Kelabu Ichthyopaga icthyaetus. Jenis elang ikan yang lebih sering dijumpai dipinggiran hutan yang kondisi sungainya masih bagus ini masuk dalam Ordo Falconiformes, Familly Accipitridae, Genus Icthyophaga. Elang yang dalam bahasa inggris bernama  Lesser Fish Eagle ini di Publikasi pertama oleh Salomon Muller dan Herman Schlegel pada tahun 1841.
    Burung ini berukuran sedang sekitar 60 cm memiliki bulu dengan warna kecoklatan. Warna abu-abu terlihat dari kepala, leher dan dada serta warna bagian perut putih. Dibandingkan Elang-ikan Kepala-kelabu jenis ini memiliki ukuran lebih kecil dan ekor gelap. Untuk individu remaja memiliki warna coklat lebih pucat dan tubuh bagian bawah kuning tua polos. Bagian warna iris atau lingkar mata kuning atau coklat dengan warna paruh abu-abu gelap. Kaki abu-abu.


     

    Habitat dan Kebiasaan
     
    Menghuni hutan dari dataran rendah sampai dengan ketinggian 1500an meter. Lebih sering ditemukan di pinggir sungai dengan kondisi air yang masih alami. Kebiasaan di alam elang ikan kecil akan bertengger disalah satu dahan di atas sungai sambil menunggu ikan yang muncul ke permukaan, menangpak ikan dari tenggeran dan membawa ke pohon dengan kedua kakinya. Menghabiskan waktu dengan berpindah-pindah tempat bertengger di pinggir sungai atau danau dan hanya sesekali soaring.


    Makanan 

     
    Namanya juga elang ikan pasti makanan utamanya ikan. Cara berburu yang menarik dan biasa untuk jenis elang dalam hal menangkap mangsanya. Bergerak cepat dari pohon tempatna bertengger untuk menangkap ikan pada saat ikan muncul ke permukaan.  Bergerak cepat dari tenggeran yang dekat dengan aliran air ke permukaan air untuk menangkap ikan.
    Penyebaran
    Dari sisi sebaran burung elang ini tersebar sangat luas mulai dari kawasan Himalaya, Asia Tengara, Semenanjung Malaysia, Kalimantan, Sumatra dan Sulawesi.


    Perkembangbiakan

     
    Seperti elang pada umumnya, sarang elang berukuran besar yang diletakan di pohon yang tinggi. Posisi pohonn sarang cenderung  dekat dengan aliran sungai. Jumlah telur mencapai 2-4 butir, informasi mengenai masa pengeraman dan anakan tumbuh dewasa belum tersedia.


    Source: jenis jenisElang dan gambarnya, wikipidia, dan lain-lain

    0 comments:

    Post a Comment