Monday, June 20, 2016

Tagged Under: , ,

Elang Flores / Flores Hawk Eagle (Nisaetus floris)

  • Share The Gag
  • Elang Flores  merupakan salah satu jenis raptor (burung pemangsa) endemik yang dipunyai Indonesia.Elang flores dalam bahasa inggris dikenal sebagai Flores Hawk Eagle. Dalam bahasa ilmiah (latin)  dulu dikenal sebagai Spizaetus floris.Namun saat ini  Nama resmi genus Elang Flores  berubah dari Spizaetus menjadi Nisaetus. Sehingga nama latin hewan ini yang resmi   adalah Nisaetus floris.

    Elang flores yang merupakan  merupakan raptor (burung pemangsa) endemik Nusa Tenggara yang hanya dapat ditemukan di pulau Flores, Sumbawa, Lombok, Satonda, Paloe, Komodo, dan Rinca.dan kini menjadi raptor yang paling terancam kepunahan.
     

    Elang flores  semula dikelompokkan sebagai anak jenis (subspesies) dari elang brontok (Spizaetus cirrhatus).Burung ini biasa mendiami hutan-hutan dataran rendah dan hutan submontana sampai ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut (m. dpl).

    Tubuh elang flores berwarna coklat kehitam-hitaman. Sedangkan dada dan perut raptor endemik flores ini ditumbuhi bulu berwarna putih dengan corak tipis berwarna coklat kemerahan. Ekor elang flores berwarna coklat yang memiliki garis gelap sejumlah enam. Sedangkan kaki burung endemik ini berwarna putih.  Mempunyai ukuran tubuh yang sedang, dengan tubuh dewasa berukuran sekitar 55 cm. pada bagian kepala berbulu putih dan terkadang mempunyai garis-garis berwarna coklat pada bagian mahkota.


    Populasi raptor endemik flores ini di alam bebas diperkirakan tidak lebih dari 250 ekor individu dewasa (IUCN Redlist, 2005). Lantaran sedikitnya jumlah individu dan persebaran populasinya yang sempit maka elang flores langsung ditetapkan sebagai salah satu spesies burung dengan status konservasi “kritis” (Critically Endangered) sejak pertama kali raptor endemik ini berstatus sebagai spesies tersendiri yang terpisah dari elang brontok.

    0 comments:

    Post a Comment