Saturday, June 18, 2016

Tagged Under: , ,

Burung Madu Dan Jenis - Jenisnya.

  • Share The Gag
  • Burung Madu

     
    Burung madu / kolibri salah satu burung yang mengagumkan, baik dari suara kolibri maupun warna serta bentuk tubuh yang dimiliki. Segala keindahan yang dimiliki burung yang bewarna-warni tersebut tentunya sudah sangat dikenal baik banyak masyarakat. Disamping mempunyai suara dan perawakan, ada beberapa keistimewaan lain dari burung yang sifatnya sangat dikagumi banyak masyarakat. Baik itu jenis Wulung, Kelapa, Ninja dan Sepah Raja dikenal sebagai burung yang mampu melakukan penyerbukan alami terhadap aneka tumbuhan dan pepohonan di alam.Wilayah penyebaran burung kolibri sendiri hampir tersebar luas di seluruh belahan dunia, paling banyak bisa ditemui di hutan-hutan Amazon, Amerika Selatan. Menurut laporan terdapat lebih dari 300 spesies burung kolibri yang hidup di benua latin tersebut. Di Indonesia sendiri hanya ada beberapa jenis yang masih hidup dan dilindungi. 
    Jenis - Jenis burung Madu
     
    1. Kolibri Sepah Raja (Aethopyga Siparaja)


    Salah satunya adalah Kolibri Sepah Raja. Sesuai dengan nama yang disandangnya, saat di habitat asli burung ini sering terlihat bertengger di pepohonan dadap atau cangkring Mereka adalah burung madu, si penyerbuk bunga yang cantik nan jelita termasuk dalam famili nectarinidae. Selain itu burung ini juga kerap terlihat bertengger di pohon-pohon berbunga, burung madu yang bernama latin Aethopyga Siparaja mempunyai ciri warna ungu pada bagian dahinya. Sementara itu, baik punggung, dada dan leher bewarna merah menyala. Ukuran tubuh burung pemakan nektar dan serangga ini bisa tumbuh sampai 13 cm. Saat masa reproduksi ia akan membentuk sarang menyerupai kantung yang menggantung di atas gundukan tanah yang berada tepi-tepi hutan dan berbagai semak belukar. Di Tanah Air sendiri wilayah penyebaranya meliputi Sumatra, Jawa, Sulawesi dan Kalimantan.

    2. Kolibri Ninja / Konin (Nectarinia Calcostetha)

    Jenis kolibri ninja sendiri terdapat dalam 3 jenis, 2 diantaranya ialah Kolibri dada hitam dan King Konin. Selain mempunyai tingkah laku khas saat berkicau yakni Ngobra, Kolibri Ninja atau konin juga terkenal dengan warna tubuh indah yang dimilikinya. Burung pemakan nektar, madu dan berbagai serangga kecil ini juga mempunyai ciri khas pada bagian dadanya. Bisa Anda lihat, terdapat tiga macam kombinasi warna bulu indah mulai dari biru tua, kuning dan merah menyala. Di habitat asli, burung yang bernama latin Nectarinia Calcostetha ini  Bukan karena populasinya di alam liar menipis, apalagi di ambang kepunahan, melainkan karena spesies burung yang termasuk dalam keluarga Nectariniidae sangat berperan dalam penyerbukan alami di hutan-hutan atau areal perkebunan. Tanpa kehadiran mereka, keseimbangan ekosistem di kawasan hutan dan perkebunan bisa terganggu.. Wilayah penyebaranya paling yang ada di Indonesia sendiri meliputi Jawa, Kalimantan dan Sumatra.

    3. Kolibri Kelapa / Manggar (Anthreptes Malacensis)



    Burung yang bernama latin Anthreptes Malacensis ini mempunyai ciri khas warna bulu yang juga mudah dikenali. Dahi dan punggunga bewarna hijau terang, sayap kecoklatan dan tubuh bagian bawahnya bewarna kuning menyala. Di alam liar Kolibri Kelapa atau Manggar ini sering terlihat di hutan-hutan mangrove, kebun kelapa dan pekarangan terbuka untuk mencari makanan berbagai serangga kecil, nektar bunga sepatu dan buah-buahan. Burung ini sangat agresif dan berani mengusir burung madu lainnya. Saat memasuki masa reproduksi ia biasanya akan membentuk sarang bergantung berbentuk kantung yang terbuat rerumputan.Saat menginjak usia dewasa ukuran tubuhnya bisa tumbuh sampai 13 cm. Wilayah penyebaran di seluruh Indonesia.

    4. Kolibri Wulung / Kaca (Anthreptes Singalensis)
    Kolibri Wulung adalah salah satu jenis burung pemakan nektar yang tidak kalah eksotis. Bagaimana tidak, burung yang juga dikenal dengan nama kolibri kaca dan muncang ini mempunyai ciri khas warna oranye di leher hingga dada dan warna kuning pada bagian perut sampai pantat. Selain itu, dahi dan punggunya mempunyai motif warna hijau tua mengkilap. Di alam liar ia sering terlihat di tepi-tepi hutan cemara dan perkebunan kelapa untuk mencari makanan berupa serangga, ulat dan bunga nektar. Sama dengan sejenisnya, di habitat aslinya burung yang juga kerap disebut kolibri belukar ini juga akan membentuk sarang berbentuk kantung yang bergantung di ranting-ranting semak untuk bisa mengeluarkan 1-2 butir telur. Wilayah penyebaran paling banyak terdapat di pulau Jawa, Kalimantan dan Sumatra.


    Source: jenis jenis kolibri dan gambarnya, wikipidia.



    0 comments:

    Post a Comment