Saturday, June 18, 2016

Tagged Under: ,

Elang Dan Jenis - Jenisnya

  • Share The Gag

  • Elang merupakan salah satu dari hewan yang terdapat di seluruh indonesia Dalam bahasa inggris eagle atau elang merujuk pada burung pemangsa berukuran besar dari suku Accipitridae terutama genus aquila.
    Elang adalah hewan berdarah panas, mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu pelepah. Sebagai burung, elang berkembang biak dengan cara bertelur yang mempunyai cangkang keras di dalam sarang yang dibuatnya. Ia menjaga anaknya sampai mampu terbang.
    Elang merupakan hewan pemangsa,makanan utamanya seperti Ayam.burung, Ikan ,tikus, kadal, tupai, dan serangga tergantung ukurannya.Paruh elang tidak bergigi tetapi melengkung dan kuat untuk mengoyak daging mangsanya. Burung ini juga mempunyai sepasang kaki yang kuat dan kuku yang tajam dan melengkung untuk mencengkeram mangsa serta daya penglihatan yang tajam untuk memburu mangsa dari jarak jauh tak terkira. karena rata-rata kecepatan terbang elang di udara sekitar 300 km / jam, hal ini akan dilakukan ketika elang sedang memburu mangsa. Ketika musim migrasi tiba, seekor elang sanggup berpindah tempat hingga ke berbagai belahan dunia.
    Burung elang termasuk ke dalam binatang yang setia, kebanyakan elang hanya memiliki 1 pasanan atau monogamy. Ketika pasangannya mati maka pasangannya akan kawin lagi. Elang juga termasuk ke dalam binatang yang sulit berkembang biak, dia hanya akan tertelur 1 tahun sekali, jika semua kondisinya memungkinkan.
    Usia hidup elang memang cukup panjang, yaitu sekitar 70 tahun. Akan tetapi ketika seekor elang beranjak tua, maka aktifitas di udara banyak berkurang. Salah satu contoh tetika seekor elang memasuki usia tua adalah kerontokan pada bulunya.Hal ini akan terjadi ketika memasuki usia 40 tahun. Selain itu paruhnya akan semakin menukik ke bawah, bahkan hingga menyentuh dada. Sayapnya yang kuat perlahan sulit untuk dikepakkan.
    Burung elang dapat melakukan tranformasi untuk menghindari kematian, yaitu dengan berusaha untuk terbang ke puncak gunung dan membuat sarang.
    Disana dia akan mulai bertransformasi selama 150 hari, dengan cara yang menyakitkan, dimulai dari mematukan paruhnya hingga patah, untuk kemudian tumbuh lagi, mencabut cakar, dan bulu-bulunya. 5 bulan kemudian dia dapat terbang seperti sedia kala.

    Jenis - Jenis Elang di Negeri Kita

    1. Elang Bondol
    2. Elang Brontok
    3. Elang Buteo
    4. Elang Emas
    5. Elang Flores
    6. Elang Gunung
    7. Garuda
    8. Elang Hitam
    9. Elang Ikan Kecil
    10. Elang Ikan Kepala Abu 
    11. Elang Jawa
    12. Elang Laut Perut putih
    13. Elang Perut Karat
    14. Elang Paria
    15. Rajawali Kuskus
    16. Rajawali Tutul
    17. Elang Sulawesi 
    18. Elang Tikus
    19. Elang Ular Bido
    20. Elang Ular Jari Pendek
    21. Elang Wallace

     Source : Buku dan Artikel dengan sedikit perubahan

    0 comments:

    Post a Comment